Sunday, November 29, 2020

Manfaat Ekspor Impor bagi masyarakat bernegara



Manfaat Ekspor Impor

Sebuah kegiatan perdagangan internasional di sebut dengan ekspor dan impor. Adanya kegiatan ekspor dan impor antar negara sangat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat di tiap negara. Salah satu manfaat dari kegiatan ekspor dan impor adalah dapat menstabilkan perekonomian di negara tersebut dan masih banyak lagi manfaat yang didapat selain dari itu.

Salah satu contoh dari manfaat kegiatan ekspor impor adalah dapat membuat indonesia mempelajari teknologi dari negara lain, mengapa? Karena di dalam kegiatan tersebut terjadi pertukaran informasi dan dari bertukar informasi tersebut indonesia dapat mempelajari teknik produksi baru serta manfaat dari teknologi yang lebih modern lagi.

Pengertian Ekspor dan Impor
Ekspor merupakan suatu kegiatan perdagangan internasional dari kegiatan tersebut serta mendapatkan beberapa manfaat dari perdagangan internasional dengan menjual jasa atau barang keluar negeri.
Impor adalah suatu kegiatan membeli jasa atau barang dari luar negeri.

Dari kegiatan ekspor dan impor tersebut menghasilkan devisa. Apa itu devisa? Devisa adalah pemasukan uang dari negara lain ke dalam negeri yang digunakan sebagai alat pembayaran Barang yang di impor merupakan barang yang tidak di produksi di suatu negara atau sulit di dapatkan sehingga dalam memenuhi kebutuhan tersebut dilakukan impor.

Manfaat Ekspor Bagi Masyarakat dan Negara
Di indonesia masih ada beberapa masyarakat yang mempunyai keterbatasan di bidang pendidikan dan ekonomi dengan demikian banyak dari masyarakat kita yang ingin bekerja di luar negeri sebagai TKI atau TKW. Sisi positifnya adalah dapat membuat devisa menjadi bertambah

Menambah Devisa Negara
Dari kegiatan ekspor akan mempengaruhi devisa negara, dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan devisa negara. Dengan melakukan perdagangan internasional akan memberikan kesempatan kepada eksportir menjual produk atau jasa ke berbagai negara di eropa, amerika afrika dan lain – lain. Biasanya transaksi pembayaran menggunakan dollar amerika dengan demikian devisa negara bisa bertambah dan akan mempengaruhi kestabilan ekonomi di negara tersebut. Apabila ekspor di suatu negara meningkat otomatis akan meningkatkan devisa negara tersebut.

Mengenalkan Produk Dalam Negeri
Manfaat lain dari ekspor ialah dapat memperkenalkan produk dalam negeri ke berbagai negara lain. Contohnya seperti negara jepang yang sudah terkenal dengan produk otomatifnya, dengan demikian jepang sudah mempunyai ciri khas dalam penjualannya. Sekarang ini indonesia belum mempunyai ciri khas, dengan adanya kegiatan ekspor akan memberikan kesempatan bagi kita memperkenalkan produk dalam negeri ke berbagai negara yang ada di dunia.

Meningkatkan Lapangan Pekerjaan
Adanya kegiatan impor dan ekspor maka produksi suatu barang dapat meningkat, sehingga organisasi atau perusahaan sangat membutuhkan tenaga kerja yang banyak dan menciptakan lapangan kerja serta dapat mengurangi angka pengangguran di suatu negara, dan jika kerjasama dilakukan pada semua bidang tentu akan membuat perekonomian di negara tersebut meningkat.

Menjalin Kerjasama Antar Negara
Dengan adanya kegiatan ekspor maka sudah jelas akan membuat hubungan antar negara menjadi semakin baik. Dengan banyaknya pertemuan antar negara maka akan semakin mempererat hubungan tiap negara yang bekerja sama.

Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat
Dengan adanya kegiatan ekpor maka akan meningkatkan devisa negara, dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan. dari kedua hal itu sangat membantu perekonomian disuatu negara sehingga akan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Apabila kerjasama yang dilakukan hampir pada semua bidang, tentu  semakin baik perekonomian di negara tersebut.

Memperluas Produksi
Dengan adanya kegiatan ekspor maka sudah pasti akan memperluas produksi, yang tadinya hanya di produksi ke dalam negeri dengan adanya ekspor maka akan di pasarkan ke luar negeri sehingga menyebabkan produksi yang meluas.

Manfaat Impor Bagi Masyarakat dan Negara
Ketika suatu negara ekspor sebuah produk, maka produk tersebut akan langsung bersaing, namun jika produk tersebut memiliki ciri khas berbeda dengan negara lain maka produknya akan menjadi dikenal. Akan mudah memperkenalkan produk dalam negeri ke luar negeri apabila produk kita belum ada di negara tersebut, maka produk kita akan menjadinya satu-satunya produk di negara tersebut.

Memperoleh Produk ataupun Jasa Yang Tidak Ada di Indonesia
Setiap negara mempunyai kondisi alam yang berbeda, sehingga menyebabkan hasil produk setiap negara juga berbeda. Contohnya Amerika tidak bisa meghasilkan kelapa sawit tetapi Indonesia dapat menghasilkan kelapa sawit dengan banyak. Dengan adanya impor maka dapat saling melengkapi, ketika suatu negara membutuhkan barang yang tidak dapat dihasilkannya makan dapat diperoleh dengan mengimpornya. Kegiatan impor dapat mendatangkan barang yang susah didapatkan bahkan tidak ada di Indonesia.

Memperoleh Teknologi Yang Modern
Dengan adanya kegiatan impor maka kita akan mudah mendapatkan teknologi modern. Misalkan ketika suatu perusahaan memproduksi suatu barang masih menggunakan mesin tradisional maka kita dengan mudah dapat membeli alat-alat produksi berteknologi tinggi dengan kegiatan impor. Umumnya di Indonesia teknologi yang digunakan masih bisa dibilang standar, pengembangan teknologi cukup lambat sehingga untuk meningkatkannya dilakukan kegiatan impor teknologi dari luar negeri.

Memperoleh Bahan Baku
Dengan adanya kegiatan ekspor maka kita dapat dengan mudah memperoleh bahan baku. Misalkan untuk memproduksi bahan otomotif dibutuhkan besi atuapun baja, untuk memproduksi alat-alat rumah tangga dari plastik dibuutuhkan plastik. Tidak semua bahan baku tersedia di dalam negeri, adapun tersedia tetapi mempunyai harga yang tinggi sehingga dengan adanya impor maka kita dapat memperolehnya dengan mudah dan harga yang lebih rendah.


No comments:

Post a Comment