Thursday, October 15, 2020

Dampak positif dan negatif globalisasi

 
pengertian globalisasi
Pengertian Globalisasi – Globalisasi merupakan sebuah proses perubahan. Berasal dari kata global dan lization, ia memiliki makna sebagai sebuah dunia dan proses secara berurutan. Sekarang ini, dengan berkembangnya teknologi, komunikasi serta transportasi, membuat globalisasi tidak bisa terhindarkan. Agar tidak terkena dampak negatifnya berikut merupakan penjelasan mengenai pengertian globalisasi, sejarah kemunculannya, serta teori, dampak dan contohnya.
Dampak Positif Globalisasi
Globalisasi memiliki manfaat yang mencakup berbagai bidang. Ini secara ekonomi maju secara timbal balik di seluruh dunia dan meningkatkan pertukaran budaya. Ini juga memungkinkan pertukaran keuangan antara perusahaan, mengubah paradigma kerja
1. Dampak Positif Globalisasi Dalam Keuangan
Sejak 1980-an, keuangan didorong oleh kebijakan neoliberal, sehingga dunia keuangan perlahan-lahan dibuka. Banyak negara, khususnya AS di bawah Ronald Reagan dan Inggris di bawah Margaret Thatcher memperkenalkan “Kebijakan 3D” yang terkenal: Disintermediasi, Penonaktifan, Deregulasi.
Idenya adalah untuk menyederhanakan peraturan keuangan, menghilangkan mediator dan mendobrak hambatan antara pusat keuangan dunia. Dan tujuannya adalah untuk memudahkan pertukaran modal antara para pemain keuangan dunia. Globalisasi finansial ini telah berkontribusi pada bangkitnya pasar keuangan global di mana kontrak dan pertukaran modal berlipat ganda.
2. Dampak positif Globalisasi Dalam Budaya
Seiring berjalannya globalisasi pada dunia ekonomi dan keuangan, ternyata diikuti oleh globalisasi budaya. Dimana berbagai kebiasaan yang lama telah terbagi, dan tercampur dengan keyakinan yang berbeda. Dapat terlihat jelas jika dampak globalisasi budaya terkait dengan perdagangan komoditas seperti kopi atau alpukat. 
Awalnya kopi yang berasal dari Ethiopia dan dikonsumsi di wilayah Arab. Namun karena perdagangan komersial setelah abad ke-11, produk ini dikenal sebagai komoditas yang dikonsumsi secara global. 
Dampak Negatif Globalisasi
Menjadi fenomena yangkompleks. Bahkan memberi pengaruh yang cukup besar pada beberapa bidang masyarakat kontemporer. Mari kita tengok beberapa efek negatif utama yang dimiliki globalisasi sejauh ini
1. Dampak Negatif Ekonomi Globalisasi
Terlepas dari manfaatnya, pertumbuhan ekonomi yang didorong oleh globalisasi tidak dilakukan tanpa menimbulkan kritik. Konsekuensi globalisasi jauh dari homogen, hingga ketidaksetaraan pendapatan, kekayaan yang tidak proporsional, dan perdagangan yang menguntungkan pihak-pihak secara berbeda. 
Pada akhirnya, terlihat jika terjadi ketidakseimbangan yaitu dimana ada beberapa negara, perusahaan, individu yang mendapat manfaat lebih dari fenomena globalisasi ini sendiri. Terbukti dari sebuah laporan terbaru dari Oxfam mengatakan bahwa 82% dari kekayaan yang dihasilkan dunia masuk ke 1% dari populasi.
2. Dampak negatif Globalisasi pada Budaya

Pertukaran budaya, menyebabkan budaya yang ada menjadi bersifat homogen. Itu sebabnya karakteristik budaya tertentu dari beberapa negara menghilang. Padahal setiap budaya baik bahasa atau bahkan industri tertentu unik adanya. Karena itu menurut UNESCO, perpaduan antara manfaat globalisasi dan perlindungan keunikan budaya lokal memerlukan pendekatan yang cermat.

No comments:

Post a Comment