Tuesday, October 13, 2020

GLOBALISASI


Globalisasi muncul karena adanya bangsa-bangsa. Masalah Globalisasi merupakan suatu ketergantungan dalam masalah sosial, politik, ekonomi, dan budaya antarbangsa di dunia. Globalisasi terbentuk karena beberapa faktor, yaitu :
  1. Kebijakan negara untuk berhubungan dan menjalin kerja sama dengan negara lain.
  2. Sistem ekonomi internasional
  3. Adanya migrasi penduduk ke berbagai negara
  4. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
  5. Berkembang pesatnya perusahaan-perusahaan transnasional

adalahproses interaksi dan integrasi antara lapisan masyarakat, perusahaan, dan negara-negara di seluruh dunia. Sebagai sebuah fenomena yang kompleks dan multidimensional, globalisasi dianggap sebuah ekspansi kapitalis yang bertujuan untuk mengintegrasikan ekonomi local dan nasional kedalam ekonomi global yang minim regulasi.

Globalisasi berkembang dan menyebar dengan pesat karena inovasi-inovasi pada bidang transportasi dan komunikasi, seperti telefon, internet, dan pesawat. Dengan meningkatnya interaksi antar manusia, tentu saja terdapat peningkatan juga pada perdagangan internasional, pertukaran ide, serta budaya.

Globalisasi pada dasarnya merupakan proses ekonomi yang meliputi interaksi dan integrasi aspek kebudayaan dan social dari suatu masyarakat. Meskipun begitu, konflik dan diplomasi juga memegang peranan penting dalam sejarah globalisasi.

Dalam memahami makna dari kata globalisasi, terdapat beberapa pendekatan yang dapat kita lakukan, salah satunya adalah pendapat dari para ahli. Berikut ini adalah beberapa pendapat para ahli mengenai arti dari globalisasi.

Pengertian Globalisasi Secara Etimologis

Globalisasi berasal dari bahasa inggris, yaitu dari kata globalize yang artinya mendunia. Kata ini merujuk kepada fenomena munculnya sistem-sistem perekonomian yang saling terhubung sehingga menciptakan suatu sistem perekonomian dunia yang nyaris tanpa batas.

Namun, ada pula yang berpendapat bahwa globalisasi berasal dari dua kata, yaitu global yang artinya luas dan lization yang menunjukkan sebuah proses. Oleh karena itu, globalisasi merupakan proses perluasan batas-batas yang ada, baik itu ekonomi, sosial, maupun politik.

Pengertian Globalisasi Menurut L. Nyeman

Globalisasi adalah sebuah pertumbuhan yang berlangsung cepat. Proses ini disebabkan oleh ketergantungan berbagai negara pada perdagangan maupun keuangan.

Pengertian Globalisasi Menurut Anthony Giddens

Globalisasi adalah suatu intensifikasi hubungan sosial secara global yang menghubungkan satu lokasi dengan lokasi lainnya sehingga kejadian di satu tempat bisa berdampak juga bagi tempat yang lain.

Pengertian Globalisasi Menurut Scholte

Pengertian globalisasi adalah sebuah proses pertumbuhan yang cepat yang disebabkan ketergantungan berbagai negara, dan juga untuk mempertahankan identitas masing-masing.

Pengertian Globalisasi Menurut Selo Soemardjan

Globalisasi adalah terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sebuah sistem dan kaidah yang sama.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan dari pengertian-pengertian diatas bahwa globalisasi merupakan keterkaitan antar tempat yang tidak mempedulikan batas negara dan spasial. Keterkaitan ini umumnya terjadi pada aspek ekonomi, sosial, politik, dan budaya.

Namun, globalisasi juga meliputi fenonema identitas bangsa yang terkadang luntur dan digantikan oleh identitas warga dunia, atau yang kerap disebut global citizen. Hal ini membuat interaksi antar bangsa dan budaya menjadi sangat bebas.

No comments:

Post a Comment